Sifat Kegiatan Siaga

Posted on

Pembina mengemas latihan dalam bentuk permainan yang menarik dan menyenangkan. Sifat kegiatan adalah moderen, bermanfaat dan setia/taat Azas.

  • Moderen yang berarti menatang, kreatif, inovatif, mandiri, sesuai dengan kepentingan/kebutuhan/situasi, dan menjaman.
  • Bermanfaat berarti bermanfaat bagi dirinya dan mansyarakat lingkungannya.
  • Setia/taat azas berarti dalam pelaksanaan kegiatan selalu berlandaskan pada prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Kegiatan di perindukan siaga terdiri atas : latihan mingguan dan kegiatan bersama (permainan besar)
Bahan/materi latihan mingguan dan kegiatan bersama mengacu pada materi SKU.

Acara latihan mingguan hendaknya didahului dengan upacara pembukaan latihan, dilanjutkan dengan kegiatan yang ramai/riang, kegiatan tenang, diselingi nyanyian/tarian/dongeng/cerita/ dan diakhiri dengan upacara penutupan latihan.

 
Kegiatan bersama merupakan kegiatan yang dilaksnakan bersama dengan perindukan-perindukan dari beberapa gugus depan. Kegiatan tersebut dapat berupa bazar, dan karnaval. 
Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa siaga merasa senang, nyaman dan aman, serta ingin kegiatan terebut berulang. Bagi pembina diharapkan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksnaaan pendidikan pramuka di perindukan masing-masing.
 
Kegiatan adalah alat untuk mencapai tujuan, oleh karena itu harus disusun secara menarik mengandung nilai pendidikan, menantang, progresif dan dibungkus dalam bentu permaianan, cerita khasyal dan nyanyian.
 
Peminatan siaga sifatnya secara pribadi bukan kelompok (klasikal). Setiap pembina harus mengetahui sifat dan pribadi masing masing peserta didiknya. Oleh karena itu untuk memudahkan permbinaan, pramuka siaga dalam satu perindukan dibagi menjadi kelompok kecil yang disebut barung dengan jumlah terbaiknya 6 orang peserta didik
Baca juga :  Peran Pembina Siaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *