Permainan Penggalang Penggalang – Sapi, Kandang, Kebakaran

Posted on

Permainan Penggalang – Sapi, Kandang, dan Kebakaran

Usia pramuka penggalang adalah antara 11-15 tahun, anak usia ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
•  Senang bergerak, senang mengembara
•  Usil, lincah, senang mencoba-coba
•  Mulai Suka Lawan Jenis
•  Suka dengan sifat-sifat kepahlawanan
•  Memasuki masPuber

Sebagai seorang pembina kita harus memahami bahwa dunia penggalang adalah dunia anak, dunia anak alah dunia bermaian bersama teman. Setiap Latihan Pramuka Perlu diberikan permainan-permainan yang menarik dan menggembirakan anak. Hal ini merupakan metode dasar dalam kepanduan yang diterapkan dalam kegiatan Kepramukaan, dengan tujuan:
•  Memelihara kesehatan/Stamina anak.
•  Menciptakan Suasana Gembira dan menarik.
•  Melatih Kedisiplinan
•  Menumbuhkan jiwa gotong royong
•  Meningkatkan rasa persaudaraan dan kesatuan.
•  Pemaianan yang akan kita mainkan adalah Sapi, Kandang dan kebakaran.

Permainan Sapi, Kandang dan Kebakaran

Posisi Awal :

  • Peserta berkelompok masing-masing berjumlah 3 orang.
  • 2 orang berdiri berhadap-hadapan dan saling memegang tangan. Berperan sebagai kandang.
  • 1 orang jongkok di antara tangan yang berdiri. Berperan sebagai sapi.

Aturan bermain :

  • Ketika kakak pembina mengucapkan Sapi, maka yang perperan sebagai sapi berlari mencari kandang yang lain. Sedangkan yang sebagai kandang tetap seperti posisi semula
  • Ketika kakak pembina mengucapkan kandang, maka yang beperan sebagai kandang berlari mencari sapi yang lain. Sedangkan yang berperan sebagai sapi tetap jongkok di posisinya.
  • Ketika kakak pembina mengucapkan Kebakaran, maka kondisi chaos, yang kandang dpaat sebagai kandang, kandang dapat sebagai sapi, setiap kelompok 3 orang ini harus orang yang berbeda.
  • Setiap pergerakan lamanya adalah 5 hitungan kakak pembina.
  • Bagi yang ternyata sampai hitungan selesai tetapi tidak dapat melaksanakan permaianan maka akan dikumpulkan dan diberikan konsekuensi sesuai kesepakatan. Dapat bernyanyi, atau berjoget menghibur kawan-kawannya.
Baca juga :  Kisah Baden Powell di pulau Brownsea

Penilaian :

  • Setelah bermaian kira-kira 10 kali permaianan maka akan dievaluasi, peserta yang paling sigap, disiplin dan paling aktif bermain akan menjadi peserta tergiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *