Pembakaran Api Unggun

Posted on

Apakah pembakaran api unggun di Pramuka itu menandakan acara sudah berakhir?

Kegiatan api unggun merupakan salah satu kegiatan yang menarik dalam kegiatan kepramukaan. Api unggun biasanya dilaksanakan saat malam hari dalam perkemahan. Kegiatan ini merupakan kegiatan persaudaraan dalam kegiatan pramuka yang dapat berisi banyak sekali acara, antara lain pentas seni, bernyanyi, menari, mendongngeng, saling bercerita dll.
 
Kegiatan api unggun tidak menjadi pertanda kegiatan berakhir, karena bisa jadi kegiatan api unggun dilaksanakan setiap malam diperkemahan. tidak harus di akhir malam atau malam terakhir, karena bisa jadi esok paginya akan ada kegiatan yang lain.
 
Jika menampilkan sebuah kemeriahkan kakak pembina dapat mengarahkan kepada kegiatan yang positif, kiranya tidak perlu mengundang biduan untuk bernyanyi atau kegiatan lain yang malah mengurangi nilai-nilai dalam Satya dan Dharma pramuka. 
Kegiatan Api Unggun tidak perlu diselengarakan sampai larut malam, karena mengganggu masyarakat disektar kegiatan dan mengingat kesehatan seorang peserta didik. Terakhir awasi api yang menyala jangan sampai merusak alam. dan pastikan padam sebelum beristirahat.
Baca juga :  Lagu Api Unggun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *